Architektur Blogger Headline Animator

Architektur Blogger

rss

November 27, 2010

Hubungan Maryam Dengan Selamat Natal

    
Sakit perut menjelang persalinan, memaksa Maryam bersandar ke pohon kurma. Ingin rasanya beliau mati, bahkan tidak pernah hidup sama sekali. Tetapi Malaikat Jibril datang menghibur: "Ada anak sungai di bawahmu, goyangkan pangkal pohon kurma ke arahmu, makan, minum dan senangkan hatimu. Kalau ada yang datang katakan: 'Aku bernazar tidak bicara.'"
   
"Hai Maryam, engkau melakukan yang amat buruk. Ayahmu bukan penjahat, ibumu pun bukan penzina," demikian kecaman kaumnya, ketika melihat bayi di gendongannya. Tetapi Maryam terdiam. Beliau hanya menunjuk bayinya. Dan ketika itu bercakaplah sang bayi menjelaskan jati dirinya sebagai hamba Allah yang diberi Al-Kitab, shalat, berzakat serta mengabdi kepada ibunya. Kemudian sang bayi berdoa: "Salam sejahtera (semoga) dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan pada hari ketika aku dibangkitkan hidup kembali."
         
Itu cuplikan kisah Natal dari Al-Quran Surah Maryam ayat 33,34. Dengan  demikian,  Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk  Nabi  mulia  itu,  Isa a.s.

Terlarangkah   mengucapkan   salam   semacam  itu?  Bukankah Al-Quran telah memberikan contoh? Bukankah  ada  juga  salam yang  tertuju  kepada  Nuh,  Ibrahim,  Musa, Harun, keluarga Ilyas, serta para nabi lainnya? Setiap Muslim harus  percaya kepada  Isa a.s. seperti penjelasan ayat di atas, juga harus percaya kepada Muhammad saw., karena keduanya  adalah  hamba dan  utusan  Allah. Kita mohonkan curahan shalawat dan salam untuk. mereka berdua sebagaimana kita mohonkan untuk seluruh nabi  dan  rasul.  Tidak  bolehkah kita merayakan hari lahir (natal) Isa a.s.? Bukankah Nabi  saw.  juga  merayakan  hari keselamatan  Musa a.s. dari gangguan Fir'aun dengan berpuasa 'Asyura, seraya bersabda,  "Kita  lebih  wajar  merayakannya daripada orang Yahudi pengikut Musa a.s."

Bukankah,  "Para Nabi bersaudara hanya ibunya yang berbeda?" seperti disabdakan Nabi Muhammad saw.? Bukankah seluruh umat bersaudara?  Apa  salahnya  kita  bergembira  dan  menyambut kegembiraan saudara kita dalam batas  kemampuan  kita,  atau batas  yang digariskan  oleh  anutan  kita?  Demikian lebih kurang pandangan satu pendapat.

Banyak persoalan yang berkaitan  dengan  kehidupan  Al-Masih yang dijelaskan oleh sejarah  atau  agama  dan  telah disepakati, sehingga harus diterima. Tetapi, ada  juga  yang tidak dibenarkan atau diperselisihkan. Disini, kita berhenti untuk merujuk kepercayaan kita.

Isa a.s. datang mermbawa  kasih,  "Kasihilah  seterumu  dan doakan  yang  menganiayamu."  Muhammad  saw. datang membawa rahmat, "Rahmatilah yang di dunia, niscaya yang  di  langit merahmatimu."  Manusia  adalah fokus ajaran keduanya; karena itu, keduanya bangga dengan kemanusiaan.

Isa menunjuk  dirinya  sebagai  "anak  manusia,"  sedangkan Muhammad  saw. diperintah:kan oleh Allah untuk berkata: "Aku manusia seperti kamu." Keduanya datang  membebaskan manusia dari  kemiskinan ruhani, kebodohan, dan belenggu penindasan. Ketika orang-orang mengira bahwa  anak  Jailrus  yang  sakit telah   mati,   Al-Masih   yang  menyembuhkannya  meluruskan kekeliruan mereka dengan berkata, "Dia  tidak  mati,  tetapi tidur."  Dan ketika terjadi gerhana pada hari wafatnya putra Muhammad, orang berkata: "Matahari mengalami gerhana karena kematiannya." Muhammad saw. lalu menegur, "Matahari tidak mengalami gerhana karena kematian atau  kehahiran  seorang." Keduanya  datang membebaskan maanusia baik yang kecil, lemah dan tertindas -dhu'afa' dan al-mustadh'affin  dalam  istilah
Al-Quran.

Bukankah ini satu dari sekian titik temu antara Muhammad dan Al-Masih? Bukankah ini sebagian dari kandungan Kalimat Sawa' (Kata  Sepakat)  yang  ditawarkan  Al-Quran  kepada penganut Kristen (dan Yahudi (QS 3:64)? Kalau demikian, apa  salahnya mengucapkan   selamat   natal,  selama  akidah  masih  dapat dipelihara dan selama ucapan itu  sejalan  dengan  apa  yang dimaksud  oleh  Al-Quran  sendiri  yang  telah  mengabadikan selamat natal itu?

Itulah antara lain alasan yang  membenarkan  seorang  Muslim mengucapkan selamat atau menghadiri upacara Natal yang bukan ritual . Di sisi lain,  marilah  kita  menggunakan kacamata
yang melarangnya.

Agama,   sebelum   negara,   menuntut  agar  kerukunan  umat dipelihara. Karenanya salah,  bahkan  dosa,  bila  kerukunan dikorbankan  atas  nama agama. Tetapi, juga salah serta dosa pula, bila kesucian akidah  ternodai  oleh  atau  atas  nama kerukunan.

Teks  keagamaan  yang  berkaitan dengan akidah sangat jelas, dan tidak juga rinci. Itu semula untuk menghindari kerancuan dan  kesalahpahaman. Bahkan Al-Q!uran tidak menggunakan satu kata yang mungkin dapat menimbulkan  kesalahpahaman,  sampai dapat   terjamin  bahwa   kata   atau  kalimat  itu,  tidak disalahpahami. Kata "Allah," misalnya, tidak digunakan  oleh Al-Quran,   ketika   pengertian  semantiknya  yang  dipahami masyarakat jahiliah belum  sesuai  dengan  yang  dikehendaki Islam.  Kata  yang digunakan sebagai ganti ketika itu adalah
Rabbuka  (Tuhanmu,  hai  Muhammad)  Demikian  terlihat  pada wahlyu  pertama  hingga  surah  Al-Ikhlas.  Nabi saw. sering menguji pemahaman umat tentang Tuhan. Beliau tidak sekalipun bertanya, "Dimana Tuhan?" Tertolak riwayat sang menggunakan redaksi itu karena ia  menimbulkan  kesan  keberadaan  Tuhan pada  satu  tempat,  hal yang mustahil bagi-Nya dan mustahil pula diucapkan oleh Nabi. Dengan alasan serupa,  para  ulama bangsa  kita  enggan  menggunakan  kata  "ada"  bagi Tuhan, tetapi "wujud Tuhan."

Natalan, walaupun berkaitan  dengan  Isa  Al-Masih,  manusia agung  lagi  suci  itu, namun ia dirayakan oleh umat Kristen yang pandangannya terhadap Al-Masih berbeda dengan pandangan Islam.  Nah,  mengucapkan  "Selamat Natal" atau menghadiri perayaannya  dapat  menimbulkan  kesalahpahaman  dan   dapat mengantar  kepada  pengaburan akidah.  Ini  dapat  dipahami sebagai pengakuan akan ketuhanan  Al-Masih,  satu  keyakinan yang  secara mutlak bertentangan dengan akidah Islam. Dengan kacamata  itu,  lahir  larangan   dan   fatwa  haram   itu, sampai-sampai ada yang beranggapan jangankan ucapan selamat, aktivitas  apa  pun  yang  berkaitan  dengan   Natal   tidak dibenarkan, sampai pada jual beli untuk keperluann Natal.

Adakah kacamata lain? Mungkin!

Seperti  terlihat,  larangan  ini  muncul dalam rangka upaya memelihara akidah. Karena, kekhawatiran kerancuan pemahaman, agaknya   lebih   banyak   ditujukan   kepada   mereka  yang dikhawatirkan kabur akidahnya. Nah, kalau demikian, jika ada seseorang  yang  ketika mengucapkannya tetap murni akidahnya atau  mengucapkannya  sesuai  dengan   kandungan   "Selamat Natal"   Qurani,   kemudian  mempertimbangkan  kondisi  dan situasi dimana hal itu diucapkan, sehingga tidak menimbulkan kerancuan akidah baik bagi dirinya ataupun Muslim yang lain, maka agaknya tidak beralasan  adanya  larangan  itu. Adakah yang  berwewenang  melarang seorang membaca atau mengucapkan dan menghayati satu ayat Al-Quran?

Dalam rangka interaksi  sosial  dan  keharmonisan  hubungan, Al-Quran  memperkenalkan  satu  bentuk redaksi, dimana lawan bicara   memahaminya   sesuai    dengan    pandangan    atau keyakinannya,   tetapi  bukan  seperti  yang  dimaksud  oleh pengucapnya. Karena, si  pengucap  sendiri  mengucapkan  dan memahami   redaksi   itu   sesuai   dengan   pandangan   dan keyakinannya. Salah  satu  contoh  yang  dikemukakan  adalah ayat-ayat   yang   tercantum  dalam  QS  34:24-25.  Kalaupun non-Muslim memahami ucapan "Selamat  Natal"  sesuai  dengan keyakinannya,  maka  biarlah  demikian,  karena  Muslim yang memahami akidahnya akan mengucapkannya sesuai  dengan  garis keyakinannya.   Memang,  kearifan  dibutuhkan  dalam  rangka interaksi sosial.

Tidak kelirulah, dalam kacamata ini, fatwa dan larangan itu, bila  ia ditujukan kepada mereka yang dikhawatirkan ternodai akidahnya. Tetapi, tidak juga salah mereka yang membolehkannya,  selama  pengucapnya bersikap arif bijaksana dan  tetap  terpelihara akidahnya,  lebih-lebih  jika   hal tersebut merupakan tuntunan keharmonisan hubungan.

Dostojeivsky  (1821-1881),  pengarang Rusia kenamaan, pernah berimajinasi tentang kedatangan kembali  Al-Masih.  Sebagian umat  Islam pun percaya akan kedatangannya kembali. Terlepas dari penilaian terhadap imajinasi dan kepercayaan itu,  kita dapat  memastikan  bahwa  jika  benar beliau datang, seluruh umat berkewajiban menyambut dan mendukungnya, dan pada  saat kehadirannya itu pasti banyak hal yang akan beliau luruskan. Bukan saja sikap dan ucapan umatnya, tetapi juga  sikap  dan ucapan  umat  Muhammad  saw. Salam sejahtera semoga tercurah kepada beliau, pada  hari  Natalnya,  hari  wafat  dan  hari
kebangkitannya nanti.

November 25, 2010

Anjing Merupakan Umat Tuhan


Judul yang telah diungkapkan  di  atas dapat  mengakibatkan kerancuan pemahaman terhadap konsep ummat yang ada dalam Al-Quran. Bahkan, bisa jadi,  akan  menimbulkan kesalahpahaman di kalangan umat Islam sendiri.

Kata  ummat  terambil  dari  kata [tulisan arab] (amma-yaummu) Yang berarti menuju, menumpu, dan  meneladani. Dari  akar  yang sama,  lahir  antara  lain kata um yang berarti "ibu" dan imam yang maknanya "pemimpin";  karena  keduanya  menjadi  teladan, tumpuan pandangan, dan harapan anggota masyarakat.

Pakar-pakar  bahasa  berbeda  pendapat  tentang jumlah anggota satu umat. Ada yang merujuk ke riwayat yang dinisbahkan kepada Nabi Saw. bahwa beliau bersabda,

     Tidak seorang mayat pun yang dishalatkan oleh umat
     dari kaum Muslim sebanyak seratus orang, dan
     memohonkan kepada Allah agar diampuni, kecuali
     diampuni oleh-Nya (HR An-Nasa'i).

Ada juga yang mengatakan bahwa, angka empat puluh  sudah  bisa disebut  umat.  Pakar  hadis An-Nasa'i yang meriwayatkan hadis serupa menyatakan bahwa Abu Al-Malih ditanyai  tentang  jumlah orang yang shalat itu, dan menjawab, "Empat puluh orang. Kalau   kita   merujuk  kepada  Al-Quran,  agaknya  penjelasan Ar-Raghib dapat dipertanggungjawabkan.

Pakar bahasa Al-Quran itu (w.  508  H/1108  M)  dalam  bukunya Al-Mufradat  fi  Gharib  Al-Qur'an, menjelaskan bahwa kata ini didefinisikan  sebagai  semua  kelompok  yang  dihimpun   oleh sesuatu,  seperti  agama,  waktu,  atau tempat yang sama, baik penghimpunannya secara terpaksa maupun atas kehendak mereka.

Secara tegas Al-Quran dan  hadis  tidak  membatasi  pengertian umat hanya pada kelompok manusia.

     Dan tidaklah binatang-binatang yang ada di bumi, dan
     burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya
     kecuali umat-umat juga seperti kamu (QS Al-An'am [6]: 38).

Rasulullah Saw. bersabda:

     Semut (juqa) merupakan umat dan umat-umat (Tuhan) (HR.Muslim).
     Seandainya anjing-anjing bukan umat dan umat-umat (Tuhan) 
     niscaya saya perintahkan untuk dibunuh (HR At-Tirmidzi dan An-Nasa'i).

Ikatan persamaan apa pun yang menyatukan makhluk hidup manusia atau  binatang, seperti jenis, suku, bangsa, ideologi, atau agama, dan sebagainya, maka ikatan itu telah menjadikan mereka satu   umat.  Bahkan  Nabi  Ibrahim  a.s. sendirian yang menyatukan sekian banyak sifat terpuji dalam dirinya,  disebut oleh  Al-Quran  sebagai  "umat"  (QS Al- Nahl [16]: 120), dari sini  beliau  kemudian  menjadi  imam,  yakni pemimpin   yang diteladani.

Kata  umat  tidak  hanya  digunakan untuk manusia-manusia yang taat beragama, karena  dalam  sebuah  hadis  dinyatakan  bahwa Rasul Saw. bersabda,

     "Semua umatku masuk surga, kecuali yang enggan."
     Beliau ditanyai, "Siapa yang enggan itu?" Dijawabnya,
     "Siapa yang taat kepadaku dia akan masuk surga, dan
     yang durhaka maka ia telah enggan" (HR Bukhari melalui Abu Hurairah).

Al-Quran surat Al-Ra'd ayat 30 menggunakan  kata  ummat  untuk menunjuk  orang-orang  yang enggan menjadi pengikut para Nabi. Begitu kesimpulan Ad-Damighani  (abad  ke-ll  H)  dalam  Kamus Al-Quran yang disusunnya.

Kata  ummat  dalam bentuk tunggal terulang lima puluh dua kali dalam Al-Quran. Ad-Damighani  menyebutkan sembilan  arti  untuk kata itu, yaitu, kelompok, agama (tauhid), waktu yang panjang, kaum, pemimpin, generasi lalu, umat Islam, orang-orang  kafir, dan manusia seluruhnya.

Benang  merah  yang  menggabungkan  makna-makna di atas adalah "himpunan".
Sungguh indah, luwes, dan  lentur  kata  ini,  sehingga  dapat mencakup  aneka  makna,  dan  dengan  demikian dapat menampung dalam kebersamaannya aneka perbedaan.

Al-Quran  memilih  kata  ini  untuk  menunjukkan  antara  lain "himpunan  pengikut  Nabi Muhammad Saw. (umat Islam)", sebagai isyarat    bahwa    ummat    dapat     menampung     perbedaan kelompok-kelompok, betapapun kecil jumlah mereka, selama masih pada arah yang sama, yaitu Allah Swt.

     Sesungguhnya umatmu ini (agama tauhid) adalah umat (agama) yang satu, 
     dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku (QS Al-Anbiya' [21]: 92). 

Dalam kata "umat" terselip makna-makna yang cukup dalam.  Umat mengandung  arti gerak dinamis, arah, waktu, jalan yang jelas, serta gaya dan cara hidup. Untuk menuju pada satu arah,  harus jelas jalannya, serta harus bergerak maju dengan gaya dan cara tertentu, dan pada saat  yang  sama  membutuhkan  waktu  untuk mencapainya.  Al-Quran  surat  Yusuf (12): 45 menggunakan kata umat untuk arti waktu. Sedangkan  surat  Al-Zukhruf  (43):  22 untuk arti jalan, atau gaya dan cara hidup,

Ali  Syariati  dalam bukunya Al-Ummah wa Al-Imamah menyebutkan keistimewaan kata ini dibandingkan kata  semacam  nation  atau qabilah  (suku).  Pakar  ini  mendefinisikan kata umat dalam konteks sosiologis sebagai "himpunan manusiawi yang  seluruh anggotanya  bersama-sama  menuju  satu arah, bahu membahu, dan bergerak secara dinamis di bawah kepemimpinan bersama."

Umat Islam disebut oleh Al-Quran  surat  Al-Baqarah  {2):  143 sebagai ummat(an) wasatha.

     Demikianlah itu Kami menjadikan kamu ummatan wasatha
     agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia, dan
     agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. 

Mulanya, kata wasath berarti segala yang  baik  sesuai  dengan obyeknya.  Sesuatu  yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem.  Keberanian  adalah  pertengahan  sifat  ceroboh  dan takut.  Kedermawanan  merupakan pertengahan antara sikap boros dan kikir. Kesucian merupakan pertengahan  antara  kedurhakaan karena  dorongan nafsu yang menggebu dan impotensi. Dari sini, kata wasath berkembang maknanya menjad tengah.

Yang menghadapi dua pihak  berseteru  dituntut  untuk  menjadi wasath  (wasit)  dan  berada  pada  posisi tengah agar berlaku adil. Dari sini, lahirlah makna ketiga wasath, yaitu adil.

Ummatan wasatha adalah umat moderat, yang posisinya berada  di tengah,  agar  dilihat  oleh  semua  pihak,  dan  dari segenap penjuru.

Mereka dijadikan demikian menurut lanjutan  ayat  di  atas agar mereka menjadi syuhada (saksi), sekaligus menjadi teladan dan patron bagi yang lain, dan  pada  saat  yang  sama  mereka menjadikan Nabi Muhammad Saw. sebagai patron teladan dan saksi pembenaran bagi semua aktivitasnya.

Keberadaan umat Islam dalam posisi tengah  menyebabkan  mereka tidak  seperti  umat yang hanyut oleh materialisme, tidak pula mengantarnya membumbung tinggi ke alam ruhani, sehingga  tidak lagi  berpijak  di bumi. Posisi tengah menjadikan mereka mampu memadukan aspek ruhani dan jasmani,  material,  dan  spiritual dalam segala sikap dan aktivitas.

Wasathiyat (moderasi atau posisi tengah) mengundang umat Islam untuk berinteraksi, berdialog, dan terbuka dengan semua  pihak (agama,  budaya,  dan  peradaban),  karena  mereka tidak dapat menjadi saksi maupun berlaku adil jika  mereka  tertutup  atau menutup diri dari lingkungan dan perkembangan global.


Muhammad Adalah Nabinya Umat Hindu


New Delhi, India...

Seorang professor bahasa dari ALAHABAD UNIVERSITY INDIA dalam salah satu buku terakhirnya berjudul "KALKY AUTAR" (Petunjuk Yang Maha Agung) yang baru diterbitkan memuat sebuah pernyataan yang sangat mengagetkan kalangan intelektual Hindu.

Sang professor secara terbuka dan dengan alasan-alasan ilmiah, mengajak para penganut Hindu untuk segera memeluk agama Islam dan sekaligus mengimani risalah yang dibawa oleh Rasulullah saw, karena menurutnya, sebenarnya Muhammad Rasulullah saw adalah sosok yang dinanti-nantikan sebagai sosok pembaharu spiritual.

Prof. WAID BARKASH (penulis buku) yang masih berstatus pendeta besar kaum Brahmana mengatakan bahwa ia telah menyerahkan hasil kajiannya kepada delapan pendeta besar kaum Hindu dan mereka semuanya menyetujui kesimpulan dan ajakan yang telah dinyatakan di dalam buku. Semua kriteria yang disebutkan dalam buku suci kaum Hindu (Wedha) tentang ciri-ciri "KALKY AUTAR" sama persis dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh Rasulullah Saw.

Dalam ajaran Hindu disebutkan mengenai ciri KALKY AUTAR diantaranya, bahwa dia akan dilahirkan di jazirah, bapaknya bernama SYANUYIHKAT dan ibunya bernama SUMANEB. Dalam bahasa sansekerta kata SYANUYIHKAT adalah paduan dua kata yaitu SYANU artinya ALLAH sedangkan YAHKAT artinya anak laki atau hamba yang dalam bahasa Arab disebut ABDUN.

Dengan demikian kata SYANUYIHKAT artinya "ABDULLAH". Demikian juga kata SUMANEB yang dalam bahasa sansekerta artinya AMANA atau AMAAN yang terjemahan bahasa Arabnya "AMINAH". Sementara semua orang tahu bahwa nama bapak Rasulullah Saw adalah ABDULLAH dan nama ibunya MINAH.

Dalam kitab Wedha juga disebutkan bahwa Tuhan akan mengirim utusan-Nya kedalam sebiuah goa untuk mengajarkan KALKY AUTAR (Petunjuk Yang Maha Agung). Cerita yang disebut dalam kitab Wedha ini mengingatkan akan kejadian di Gua Hira saat Rasulullah didatangi malaikat Jibril untuk mengajarkan kepadanya wahyu tentang Islam.

Bukti lain yang dikemukakan oleh Prof Barkash bahwa kitab Wedha juga menceritakan bahwa Tuhan akan memberikan Kalky Autar seekor kuda yang larinya sangat cepat yang membawa kalky Autar mengelilingi tujuh lapis langit. Ini merupakan isyarat langsung kejadian Isra' Mi'raj dimana Rasullah mengendarai Buroq

Islam Yang Kuat Dan Pemeluknya Yang lemah


Telah berabad-abad lamanya umat Islam menduduki posisi yang lemah. Hal ini terutama karena penjajahan bangsa barat dan disebabkan oleh kebekuannya dalam cara berfikir. Bangsa penjajah berhasil mengadu domba sesama bangsa dan negara-negara Islam sehingga amat sukar mempersatukan mereka dalam satu kerja sama dan satu tujuan. Barulah pada akhir abad ke 19 lahir kebangkitan umat Islam untuk memperbaiki posisinya kembali. Kebangkitan ini bermula pada penggalian ajaran-ajaran Islam yang murni yang sekian lama tertutup oleh bid'ah khurafat dan tahayyul, oleh pengkramatan terhadap sesama manusia. Kemudian diikuti oleh terbukanya semangat dan kesadaran dakwah Islam serta amar makruf nahi munkar, lalu menjelmalah semangat mencapai kemerdekaan bebas dari penjajah bangsa asing dan penjajahan feodalisme. Maka terbukalah pula hikmah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta hasrat untuk sejajar dengan lain-lain bangsa.

Kemerdekaan  berfikir yang dianjurkan Islam mulai nampak bentuknya, antara lain dengan  penangkapan  yang  logis  dan ilmiyah tentang ajaran-ajaran aqidah serta hikmah ibadah dan  seluruh aspek kemasyarakatan dari semua  ajaran  Islam  itu. Maka  terbukalah  pintu-pintu diskusi dan pertukaran pikiran mengenai   ajaran-ajaran   agama   Islam   sehingga    dapat  diselaraskan tengan kemajuan jaman dan kemajuan perkembangan pikiran manusia. Segala syariat agama dapat dipahami  dengan jelas,  juga  mengenai  kepercayaan dan i'tiqad. Berdasarkan kesemuanya itu berkembang majulah  usaha-usaha  tabligh  dan dakwah  dengan  cara  dan uraian yang praktis, sesuai dengan kemajuan zaman lagi mudah diterima oleh akal,  tidak  berisi dengan  dogma  atau kepercayaan yang dipaksakan. Dari ajaran Islam yang telah  diungkapkan  ternyata  memancar  kesadaran dakwah  dan  tabligh itu sebagai suatu kewajiban yang mutlak bagi  setiap   orang   Mukmin   sesuai   menurut   kemampuan masing-masing,  demikian pula anjuran untuk berdakwah dengan kerja sama  dan  aturan  yang  rapih.  Ini  telah  mendorong bangkitnya para muballighin dalam segala tingkatan, pria dan wanita, tanpa  kecuali.  Mereka  untuk  mendapat  pelajaran, tetapi  mereka  sengaja mendatangi sasaran dan tujuan dakwah yang diperlukan. Dan inilah  yang  memang  dituntunkan  oleh Rasulullah.

Hal-hal  khusus  yang perlu dikemukakan tentang kekuatan dakwah yang terkandung dalam ajaran Islam ialah antara lain:

  1. Jika dalam agama Masehi hanya orang-orang  tertentu  yang diperkenankan  menyebarluaskan agama, maka dalam agama Islam setiap orang berkewajiban menyiarkan agamanya  walaupun  dia baru  mengetahui satu ayat Al-Quran saja. Ini ternyata jelas dalam sabda Nabi: "Sampaikanlah dari padaku  walaupun  hanya satu ayat."
  2. Berpuluh-puluh ayat dari firman Allah dalam Al-Quran yang memerintahkan berdakwah amar ma'ruf nahi munkar, antara lain Surat  Ali  Imran  ayat 104 yang memerintahkan kaum Muslimin untuk bertindak  dengan  membentuk  umat  terorganisir  guna melaksanakan kewajiban tersebut.
  3. Jika   dalam   agama  Masehi  kehidupan  keagamaan  dan kesosialan pemeluknya diatur seluruhnya  oleh  gereja,  maka dalam   agama  Islam  hal  semacam  itu  tidak  ada.  Masjid merupakan tempat beribadah dan dapat  juga  digunakan  untuk memusyawarahkan   kepentingan  agama  dan  ummatnya,  tetapi masjid dan imamnya tidak menguasai kehidupan keagamaan serta kesosialan  umat.  Umat  Islam  bebas  untuk  bergerak dalam lapangan keagamaan dan kesosialan diluar pengaruh masjid dan imamnya.  Dengan  demikian  agama  Islam  dapat  lebih  jauh meresap dalam masyarakat.
  4. Jika dalam agama Masehi yang dapat menjadi pemimpin  atau imam  serta  khatib hanyalah pastor atau pendeta, maka dalam agama Islam setiap orang dapat bertindak sebagai  imam  atau khatib  asalkan mampu. Bahkan wanita diperkenankan bertindak sebagai imam dalam shalat jamaah khusus wanita.
  5. Jika  dalam  agama  Masehi   terutama   agama   Katolik, mempersoalkan  masalah  kepercayaan adalah setengah tertutup atau tertutup, maka dalam agama Islam selalu  terbuka  pintu seluas-luasnya  untuk  bertukar  pikiran  atau mendiskusikan segala  ajaran  agama  termasuk  soal-soal  kepercayaan  dan hukum-hukum  agama.  Dengan demikian ilmu-ilmu agama menjadi meningkat dan berkembang. Ini lebih menarik perhatian  orang kepada Islam.
  6. Ajaran Tauhid Islam yang jelas dan tegas tentang keesaan Allah dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta ajaran ibadah yang  praktis dan rasionil, demikian pula hukum keluarga dan kemasyarakatan yang lengkap.
Apa yang diuraikan  diatas  adalah  kekuatan  yang  mampu mendorong   perkembangan   tersiarnya  agama  Isiam  melalui kegiatan para muballigh  dan  guru-guru  dan  bahkan  setiap orang  mukmin.  Jadi  apabila  kekuatan itu digunakan dengan sepertiganya dan kewajiban berdakwah  itu  dapat  diresapkan kepada  seluruh  umat Islam, sesungguhnya usaha dakwah Islam akan  mampu  menutupi  kekurangan  atau  kelemahan   tentang pembeayaan,  tenaga  ahli  dan sebagainya. Organisasi dakwah sebagai yang ada  sekarang  ini  kalauperlu  dapat  ditambah menurut    bidangnya    masing-masing.   Koordinasi   antara organisasi-organisasi  itu   diatur   dengan   lebih   rapi, pendidikan  kader  muballigb ditingkatkan mutunya, kesediaan dan tekad berdakwah lebih  disemangatkan,  pengumpulan  dana dakwah   diaktifir  serta  dikampanyekan.  Kelompok-kelompok diskusi dalam kalangan generasi muda dan  cendekiawan  lebih sering   diadakan   yang   acaranya   penganalisaan  tentang perbandingan agama. Juga  dialog  antar  agama  tidak  boleh diabaikan.

 Adapun   yang  terpenting  langkah  dakwah  sebagaimana tersebut di atas adalah ditujukan untuk memberikan kesadaran dan  pengetahuan tentang agama Islam kepada pemeluknya, agar supaya mereka tidak akan sampai dapat  dialihkan  agamanya. Di  samping  itu menyebarluaskan kebenaran i'tikad Islam dan kemanfaatan ajaran Islam  bagi  kebangunan  dan  pembangunan masyarakat.  Kemudian  membuktikan kebaikan ajaran Islam itu dengan langkah dan usaha perbaikan sosial yang nyata. Dengan perbentengan  semacam  itu  dapatlah semaksimal mungkin umat Islam  diselamatkan  dari  langkah  kristenisasi  atau  dari hal-hal   lain  yang  akan  mengalihkan  agama  mereka  atau mengaburkan keislaman mereka.


    November 19, 2010

    Desain Rumah Pantai Fire Island di New York


    Berbicara masalah Rumah di daerah yang tropis ! nah kali ini saya akan memberikan salah satu rumah yang di buat dengan konsep rumah pantai di salah satu kota di New York. nah mari kita lihat sekilas desainnya, n seperti apa modelnya.!

    Exterior Rumah PantaiFire Island di New York

    Kita tahu beberapa dari kalian menikmati desain rumah pantai jadi di sini adalah sebuah proyek yang menarik dari Studio27 Arsitektur terletak di Fire Island di New York. Kami telah mendengar bahwa semua rumah di wilayah Pines Api memiliki arsitektur yang sama yang dikatakan mencerminkan pragmatisme masyarakat lokal dan mudah dikenali karena faktor ini. Namun, arsitek mengatakan mereka mencoba untuk menambahkan sedikit tambahan "semangat pantai" untuk proyek ini dan membuatnya menonjol. Dibangun dari papan kayu cedar tenunan, tempat tinggal memiliki terasa hangat dan ramah. Bagian luarnya terlihat cukup mengundang, terutama area kolam dengan penambahan furnitur yang indah. Pohon-pohon di sekitarnya menawarkan kenyamanan yang teduh sambil bersorak suasana. bahkan Interiornya memiliki desain kontemporer dan fitur pengaturan modern.

    Desain Rumah Pantai Fire Island di New York

    Interior

    November 12, 2010

    Mengubah Auto Read More Pada Laman Tertentu

    Ok posting kali ini telah saya janjikan saat membuat posting mengenai cara pasang read more otomatis, kali ini saya akan bahas permasalahan yang timbul pada auto read more itu sendiri, nah dalam auto read more yang kita gunakan pada umumnya di gunakan sebagai penyingkat posting pada halaman depan blog atau dikenal dengan Home, namun ada juga rean more tersebut tampil pada elemen laman lainnya misalkan pada laman Tentang Saya atau Profil, Tukar Link, My Award dan apa saja elemen laman anda.!

    Permasalahan tersebut adalah halaman statis tidak dapat dibuka sepenuhnya atau tidak tampil utuh, melainkan hanya tampil sebagian yang diikuti dengan link atau tobol “read more” atau yang sejenisnya, walau pun sebenarnya pengunjung sudah berada pada alamat/URL static page itu (bukan lagi berada pada halaman/URL awal atau Home Page yang memang pantas kalau di Homepage ada link “read more”). 

    Sebagai catatan, cara ini sangat tergantung pada template yang digunakan, jadi kemungkinan kode yang harus diubah berlainan untuk setiap template.

    1. Login ke akun Blogger, lalu masuk ke tab Layout, selanjutnya masuk ke mode Edit HTML.

    2. BACKUP TEMPALTE ANDA!

    3. Kalau biasanya cuma disarankan, kali ini rasanya wajib untuk backup template anda karena mungkin akan terdapat masalah dimana kode yang diubah bisa berlainan untuk setiap template. Cara backup template adalah klik link bertuliskan “Download Full Template” pada mode Edit HTML. Kalau nanti bermasalah, template awal tersebut bisa dikembalikan dengan cara upload.

    4. Centang pilihan “Expand Widget Templates”.

    5. Pada form Edit HTML, carilah (tekan Ctrl+F di keyboard) kode “read more” atau yang sejenisnya (bisa bertuliskan “lanjutkan…” atau “continue” atau yang lainnya).

    6. Jika ketemu maka codenya seperti di bawah ini.

    Ini merupakan script read more otomatis sebelum diubah

    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
       <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
       <script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
       <span class='rmlink' style='float:right;padding-top:20px;'><a expr:href='data:post.url'> READ MORE</a></span>
    </b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>
    7. Setelah itu tambahkan code di bawah ini

    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>

    </b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><data:post.body/></b:if>

    Maka codenya akan jadi seperti di bawah ini:

    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
       <div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
       <script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
       <span class='rmlink' style='float:right;padding-top:20px;'><a expr:href='data:post.url'> READ MORE</a></span>
    </b:if>
    </b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><data:post.body/></b:if>

    8. Selanjutnya Save template sobat.!

    Catatan:
    Code Yang berwarna hijau di atas adalah code yang sobat tambahkan tadi maka jika di gabung terlihat seperti di atas.

    Sekedar Informasi :
    Mungkin ini bisa membantu, seperti terlihat pada contoh di atas, pada template Blogger ada beberapa syntax yang maksudnya merujuk ke jenis halaman tertentu, misalnya:

    1. item <== merujuk ke halaman posting/artikel. 
    2. static_page <== merujuk ke halaman statis (static pages). 
    3. index <== merujuk ke halaman index. misalnya homepage, archive, dan search label.

    Semoga bermanfaat dan good luck..!

    November 9, 2010

    Cara Membasmi Virus Shortcut Secara Manual

     
    Salah satu virus akhir-akhir ini cukup merepotkan yaitu yang sering disebut dengan virus shortcut, virus ini tidak merusak file, tetapi hanya menyembunyikan file asli kemudian membuat shortcut baru bagi file kita sehingga apabila diklik shortcut buatan virus maka file/folder tersebut tidak akan terbuka karena memang itu bukanlah shortcut asli. saya juga sebagai korban dari virus shorcut itu, jadi mendingan saya lanjutin posting ini biar teman2 lain bisa baca dan virusnya bisa di hilangkan. 
     
     
     
    Setelah saya mencoba mencari solusi bagaimana cara menghilangkan virus shortcut dengan bantuan paman google sanya menemukan beberapa blog dan web yang menyediakan artikel cara menghilangkan/membersihkan virus shortcut, antara lainnya yang cukup efisien menurut saya seperti berikut :

    Cara Membasminya :

    1. Matikan system restore computer kita terlebih dahulu caranya klik kanan pada icon My Computer, properties, klik tab System Restore kemudian berikan tanda centang pada Turn Off System Restore on All Drives dan klik OK

    2. Matikan proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.

    3. Setelah dimatikan proses dari Wscript tersebut, kita harus men-delete atau me-rename dari file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut

    Sebagai catatan, kalau kita me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis, maka akan dicopykan lagi di folder tersebut. Oleh sebab itu, kita harus mencari di mana file Wscript.exe yang lainnya, biasanya ada di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

    Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi MDB yang berarti adalah file Microsoft Access. Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS

    4. Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

    5. Sekarang kita akan men-delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

    Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

    Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama

    6. Untuk men-delete file-file selain 4 file terdahulu, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada 'More advanced options' pastikan option 'Search system folders' dan 'Search hidden files and folders' keduanya telah dicentang.

    "Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon 'folder', berukuran 1 kb dan bertipe 'shortcut'. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki 'size' dan tipenya adalah 'File Folder'. "

    7. Fix registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses perbaikan registry salin script dibawah ini pada program 'notepad' kemudian simpan dengan nama 'Repair.inf'. Jalankan file tersebut dengan cara:

    Klik kanan repair.inf
    Klik Install
    [Version]
    Signature="$Chicago$"
    Provider=Vaksincom Oyee

    [DefaultInstall]
    AddReg=UnhookRegKey
    DelReg=del

    [UnhookRegKey]
    HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
    HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
    HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"
    HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"

    [del]
    HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
    HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer
     
    (^_^) semoga berhasil...!

    November 3, 2010

    Rumah Alam di Pegunungan Laurentian

    Nature House in the Laurentian Mountains by Saucier+Perrotte Architects

    Rumah itu tanpa kompromi dalam ekspresi arsitektur kontemporer, baik yang mencerminkan modernitas dan tradisi bangunan lokal yang menghadap pemandangan gunung yang menghijau. Dibentuk dalam tiga jilid utama - makan, tidur dan hidup, saling berhubungan satu sama lain sepanjang sumbu timur-barat. Ditusuk miring oleh tangga interior, volume superimposed diselaraskan dengan pintu masuk kolam tingkat. Sebuah disaring tembus ruang tamu-outdoor, khas daerah, proyek ke hutan pada titik di mana volume utama tumpang tindih, dan menekankan geometri geser.

    Entrance Side by Saucier+Perrotte Architects
     
    Terletak di sepanjang bidang horizontal yang sama sebagai volume pintu masuk rumah utama, wisma dipertimbangkan sebagai prisma - resmi analog dengan blok bangunan rumah - memiliki arah ke barat, memisahkan dari massa utama. Sebuah blok manipulasi bangunan sederhana ini, tempat keluar mencari informasi tak terbatas dari elemen topografi nya, formasi batu, pohon, dan penutup tanah. Sementara menyediakan pola fasad yang unik, posisi ini beberapa strip izin sebagian-bukaan tersembunyi celah jendela. Fasad selatan, yang layar matahari untuk berbagai derajat, benar-benar terbuka untuk panorama hutan. Kayu lateral - bilah pada wajah bangunan tersebut membentuk band menerus dinding, soffit dan dek atap.

    Exterior Pool by Saucier+Perrotte Architects

    Detaching Prism Guesthouse by Saucier+Perrotte Architects
    Keterbukaan sangat penting untuk menghargai keleluasan di sekitarnya. interior sub Luminous-volume, bening atau buram putih, mempertahankan kejelasan volumetrik project, bahkan ketika pada waktu mereka  menunjukkan jejak, biji-bijian kayu yang mendasarinya. "Kamar" menemukan diri mereka di suatu tempat antara mengalir dan terkotak, menawarkan penghuni ruang serbaguna atau interpretatif. Gerakan formal elemen bangunan diaktifkan oleh gerakan literal orang di ruang angkasa: apakah mendekati dengan mobil, menuruni tangga miring, berayun pintu geser besar, atau berenang di kolam renang yang panjang.

    Semoga bermanfaat.!!!

    November 2, 2010

    Villa Kayu Storingavika

    Villa Storingavika by Saunders Architecture
    Villa ini dirancang oleh Saunders Arsitektur, villa ini menawarkan pemandangan fjord selatan dan kepulauan pantai Barat. The Storingavika Villa menggabungkan antara sikap modern platform mencakup luas ruang dengan bentuk-bentuk tradisional dan bahan rumah Bergen's berbingkai kayu. Tiga bahan baku yang digunakan dalam proyek termasuk kaca, cemara hitam bernoda dan cedar Kanada diminyaki. Semua kualitas dekoratif dan estetika bangunan berasal dari bahan itu sendiri dan dimensi materi tersebut.
     
    Rumah Kayu Struktur Villa Storingavika oleh Saunders Arsitektur
    Villa ini terdiri dari dua lantai, lantai atas dirancang untuk orangtua dan lantai bawah untuk dua anak mereka yang mahasiswa. Selain itu ada sebuah studio tamu kecil di lantai bawah. Struktur yang di gunakan adalah struktur tipis yang memanjang dengan mengekstrusi balkon rumah sepanjang 6m yang terletak pada 3 tiang baja. Dinding kayu diwarnai dengan kayu alami antara partisi jendela. Bahkan pemanasan rumah muncul dari kondisi tempat itu. Sebuah pipa panjang 200m ekstrak panas konstan air laut, dan kemudian mendaur ulang panas ini kembali ke rumah untuk memanaskan lantai. Sistem ini menggunakan sebagian kecil dari energi listrik yang dinyatakan akan diperlukan untuk pemanasan.
    Interior Ruang Dapur

    Estetika Desain Dapur Yang Berwarna Putih

    Semoga bermanfaat dan bisa di jadikan inspirasi anda..!

    Membuat Tab View Menu Pada Blog


    Untuk menghemat tempat pada blog anda, tab view menu sangat efisien dan Ukuran yang relatif kecil tapi bisa memuat banyak space atau winget di dalamnya. dalam proses pembuatan Tab View Menu ini menggunakan code HTML yang cukup panjang dan sedikit menyusahkan. namun tidak jadi masalah sebab kali ini code HTMLnya suda di sediakan di posting kali ini.

    Untuk itu di anjurkan agar sobat sebaiknya simak code-code HTML secara baik-baik cara membuatnya, dan yang paling penting adalah Backup Template sobat terlebih dahulu.



    Mari kita lihat cara membuatnya:

    1. Login dulu ke blog sobat
    2. Masuk ke menu Perancangan
    3. Pilih Edit HTML dan jangan lupa beri tanda centang pada Expand Template Widget
    4. Cari code </head>
    5. Kemudian letakkan kode javascript berikut ini sebelum kode </head>

    ===================================================================================
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    function tabview_aux(TabViewId, id)
    {
      var TabView = document.getElementById(TabViewId);

      // ----- Tabs -----

      var Tabs = TabView.firstChild;
      while (Tabs.className != "Tabs" ) Tabs = Tabs.nextSibling;

      var Tab = Tabs.firstChild;
      var i   = 0;

      do
      {
        if (Tab.tagName == "A")
        {
          i++;
          Tab.href      = "javascript:tabview_switch('"+TabViewId+"', "+i+");";
          Tab.className = (i == id) ? "Active" : "";
          Tab.blur();
        }
      }
      while (Tab = Tab.nextSibling);

      // ----- Pages -----

      var Pages = TabView.firstChild;
      while (Pages.className != 'Pages') Pages = Pages.nextSibling;

      var Page = Pages.firstChild;
      var i    = 0;

      do
      {
        if (Page.className == 'Page')
        {
          i++;
          if (Pages.offsetHeight) Page.style.height = (Pages.offsetHeight-2)+"px";
          Page.style.overflow = "auto";
          Page.style.display  = (i == id) ? 'block' : 'none';
        }
      }
      while (Page = Page.nextSibling);
    }

    // ----- Functions -------------------------------------------------------------

    function tabview_switch(TabViewId, id) { tabview_aux(TabViewId, id); }

    function tabview_initialize(TabViewId) { tabview_aux(TabViewId,  1); }
    //]]>
    </script>
     
    ===================================================================================

    6. Setelah itu letakkan kode berikut di atas kode ]]></b:skin>

    ===================================================================================

    div.TabView div.Tabs
    {
    height: 30px;
    overflow: hidden;
    }
    div.TabView div.Tabs a
    {
    float: left;
    display: block;
    width: 98px; /* Lebar Menu Utama Atas */

    text-align: center;
    height: 30px; /* Tinggi Menu Utama Atas */
    padding-top: 3px;
    vertical-align: middle;
    border: 1px solid #BDBDBD; /* Warna border Menu Atas */
    border-bottom-width: 0;
    text-decoration: none;
    font-family: "Verdana", Serif; /* Font Menu Utama Atas */
    font-weight: bold;
    color: #000; /* Warna Font Menu Utama Atas */
    -moz-border-radius-topleft:10px;
    -moz-border-radius-topright:10px;
    }
    div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active
    {
    background-color: #E6E6E6; /* Warna background Menu Utama Atas */
    }
    div.TabView div.Pages
    {
    clear: both;
    border: 1px solid #BDBDBD; /* Warna border Kotak Utama */
    overflow: hidden;
    background-color: #E6E6E6; /* Warna background Kotak Utama */
    }
    div.TabView div.Pages div.Page
    {
    height: 100%;
    padding: 0px;
    overflow: hidden;
    }
    div.TabView div.Pages div.Page div.Pad
    {
    padding: 3px 5px;
    }
    ===================================================================================

    7. Kemudian Save Template sobat
    8. Kemudian langkah selanjutnya sobat klik Tata Letak
    9. Tambahkan sebuah Badged
    10. Pilih  HTML / Javascript, dan tambahkan kode berikut kedalamnya.

    ===================================================================================
     
    <form action="tabview.html" method="get">
    <div class="TabView" id="TabView">
    <div class="Tabs" style="width: 300px;">
    <a>Judul Winget 1</a>
    <a>
    Judul Winget 2</a>
    <a>
    Judul Winget 3</a>
    </div>
    <div class="Pages" style="width: 300px; height: 250px;">

    <div class="Page">
    <div class="Pad"> 
    code winget 1 sobat di sini <br />
    </div>
    </div>

    <div class="Page">
    <div class="Pad"> 
    code winget 2 sobat di sini <br />
    </div>
    </div>

    <div class="Page">
    <div class="Pad">
    code winget 3 sobat di sini <br />
    </div>
    </div>

    </div>
    </div>
    </form>

    <script type="text/javascript">
    tabview_initialize('TabView');
    </script>
    ===================================================================================
    11. Save Winget/badged Sobat

    Keterangan :
    • Untuk kode yang berwarna BIRU adalah lebar dan tinggi menu, silahkan sobat sesuaikan dengan isi.
    • Kode yang berwarna HITAM silahkan sobat isi dengan judul - judul dari menu.
    • Dan yang berwarna HIJAU, adalah isi dari menu. Sobat bisa menambahkan link, gambar, banner, dll
    Semoga berhasil.!

    Berlangganan via email

    Ingin Artikel Terbaru Langsung ke Email anda? Masukan Email Untuk Berlangganan:


    Delivered by FeedBurner

    Recent Comments



    Mau punya buku tamu seperti ini?
    Klik di sini (Info Blog)