Architektur Blogger Headline Animator

Architektur Blogger

rss

November 25, 2010

Islam Yang Kuat Dan Pemeluknya Yang lemah


Telah berabad-abad lamanya umat Islam menduduki posisi yang lemah. Hal ini terutama karena penjajahan bangsa barat dan disebabkan oleh kebekuannya dalam cara berfikir. Bangsa penjajah berhasil mengadu domba sesama bangsa dan negara-negara Islam sehingga amat sukar mempersatukan mereka dalam satu kerja sama dan satu tujuan. Barulah pada akhir abad ke 19 lahir kebangkitan umat Islam untuk memperbaiki posisinya kembali. Kebangkitan ini bermula pada penggalian ajaran-ajaran Islam yang murni yang sekian lama tertutup oleh bid'ah khurafat dan tahayyul, oleh pengkramatan terhadap sesama manusia. Kemudian diikuti oleh terbukanya semangat dan kesadaran dakwah Islam serta amar makruf nahi munkar, lalu menjelmalah semangat mencapai kemerdekaan bebas dari penjajah bangsa asing dan penjajahan feodalisme. Maka terbukalah pula hikmah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta hasrat untuk sejajar dengan lain-lain bangsa.

Kemerdekaan  berfikir yang dianjurkan Islam mulai nampak bentuknya, antara lain dengan  penangkapan  yang  logis  dan ilmiyah tentang ajaran-ajaran aqidah serta hikmah ibadah dan  seluruh aspek kemasyarakatan dari semua  ajaran  Islam  itu. Maka  terbukalah  pintu-pintu diskusi dan pertukaran pikiran mengenai   ajaran-ajaran   agama   Islam   sehingga    dapat  diselaraskan tengan kemajuan jaman dan kemajuan perkembangan pikiran manusia. Segala syariat agama dapat dipahami  dengan jelas,  juga  mengenai  kepercayaan dan i'tiqad. Berdasarkan kesemuanya itu berkembang majulah  usaha-usaha  tabligh  dan dakwah  dengan  cara  dan uraian yang praktis, sesuai dengan kemajuan zaman lagi mudah diterima oleh akal,  tidak  berisi dengan  dogma  atau kepercayaan yang dipaksakan. Dari ajaran Islam yang telah  diungkapkan  ternyata  memancar  kesadaran dakwah  dan  tabligh itu sebagai suatu kewajiban yang mutlak bagi  setiap   orang   Mukmin   sesuai   menurut   kemampuan masing-masing,  demikian pula anjuran untuk berdakwah dengan kerja sama  dan  aturan  yang  rapih.  Ini  telah  mendorong bangkitnya para muballighin dalam segala tingkatan, pria dan wanita, tanpa  kecuali.  Mereka  untuk  mendapat  pelajaran, tetapi  mereka  sengaja mendatangi sasaran dan tujuan dakwah yang diperlukan. Dan inilah  yang  memang  dituntunkan  oleh Rasulullah.

Hal-hal  khusus  yang perlu dikemukakan tentang kekuatan dakwah yang terkandung dalam ajaran Islam ialah antara lain:

  1. Jika dalam agama Masehi hanya orang-orang  tertentu  yang diperkenankan  menyebarluaskan agama, maka dalam agama Islam setiap orang berkewajiban menyiarkan agamanya  walaupun  dia baru  mengetahui satu ayat Al-Quran saja. Ini ternyata jelas dalam sabda Nabi: "Sampaikanlah dari padaku  walaupun  hanya satu ayat."
  2. Berpuluh-puluh ayat dari firman Allah dalam Al-Quran yang memerintahkan berdakwah amar ma'ruf nahi munkar, antara lain Surat  Ali  Imran  ayat 104 yang memerintahkan kaum Muslimin untuk bertindak  dengan  membentuk  umat  terorganisir  guna melaksanakan kewajiban tersebut.
  3. Jika   dalam   agama  Masehi  kehidupan  keagamaan  dan kesosialan pemeluknya diatur seluruhnya  oleh  gereja,  maka dalam   agama  Islam  hal  semacam  itu  tidak  ada.  Masjid merupakan tempat beribadah dan dapat  juga  digunakan  untuk memusyawarahkan   kepentingan  agama  dan  ummatnya,  tetapi masjid dan imamnya tidak menguasai kehidupan keagamaan serta kesosialan  umat.  Umat  Islam  bebas  untuk  bergerak dalam lapangan keagamaan dan kesosialan diluar pengaruh masjid dan imamnya.  Dengan  demikian  agama  Islam  dapat  lebih  jauh meresap dalam masyarakat.
  4. Jika dalam agama Masehi yang dapat menjadi pemimpin  atau imam  serta  khatib hanyalah pastor atau pendeta, maka dalam agama Islam setiap orang dapat bertindak sebagai  imam  atau khatib  asalkan mampu. Bahkan wanita diperkenankan bertindak sebagai imam dalam shalat jamaah khusus wanita.
  5. Jika  dalam  agama  Masehi   terutama   agama   Katolik, mempersoalkan  masalah  kepercayaan adalah setengah tertutup atau tertutup, maka dalam agama Islam selalu  terbuka  pintu seluas-luasnya  untuk  bertukar  pikiran  atau mendiskusikan segala  ajaran  agama  termasuk  soal-soal  kepercayaan  dan hukum-hukum  agama.  Dengan demikian ilmu-ilmu agama menjadi meningkat dan berkembang. Ini lebih menarik perhatian  orang kepada Islam.
  6. Ajaran Tauhid Islam yang jelas dan tegas tentang keesaan Allah dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta ajaran ibadah yang  praktis dan rasionil, demikian pula hukum keluarga dan kemasyarakatan yang lengkap.
Apa yang diuraikan  diatas  adalah  kekuatan  yang  mampu mendorong   perkembangan   tersiarnya  agama  Isiam  melalui kegiatan para muballigh  dan  guru-guru  dan  bahkan  setiap orang  mukmin.  Jadi  apabila  kekuatan itu digunakan dengan sepertiganya dan kewajiban berdakwah  itu  dapat  diresapkan kepada  seluruh  umat Islam, sesungguhnya usaha dakwah Islam akan  mampu  menutupi  kekurangan  atau  kelemahan   tentang pembeayaan,  tenaga  ahli  dan sebagainya. Organisasi dakwah sebagai yang ada  sekarang  ini  kalauperlu  dapat  ditambah menurut    bidangnya    masing-masing.   Koordinasi   antara organisasi-organisasi  itu   diatur   dengan   lebih   rapi, pendidikan  kader  muballigb ditingkatkan mutunya, kesediaan dan tekad berdakwah lebih  disemangatkan,  pengumpulan  dana dakwah   diaktifir  serta  dikampanyekan.  Kelompok-kelompok diskusi dalam kalangan generasi muda dan  cendekiawan  lebih sering   diadakan   yang   acaranya   penganalisaan  tentang perbandingan agama. Juga  dialog  antar  agama  tidak  boleh diabaikan.

 Adapun   yang  terpenting  langkah  dakwah  sebagaimana tersebut di atas adalah ditujukan untuk memberikan kesadaran dan  pengetahuan tentang agama Islam kepada pemeluknya, agar supaya mereka tidak akan sampai dapat  dialihkan  agamanya. Di  samping  itu menyebarluaskan kebenaran i'tikad Islam dan kemanfaatan ajaran Islam  bagi  kebangunan  dan  pembangunan masyarakat.  Kemudian  membuktikan kebaikan ajaran Islam itu dengan langkah dan usaha perbaikan sosial yang nyata. Dengan perbentengan  semacam  itu  dapatlah semaksimal mungkin umat Islam  diselamatkan  dari  langkah  kristenisasi  atau  dari hal-hal   lain  yang  akan  mengalihkan  agama  mereka  atau mengaburkan keislaman mereka.


    Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Jika Ingin Artikel Terbaru Langsung Di Kirim Ke Email Anda? Masukan Email Anda Untuk Berlangganan (GRATIS). Klik Tombol Suka Jika Menyukai artikel ini.
    Related Posts with Thumbnails
    Stumble
    Delicious
    Technorati
    Twitter
    Facebook
    Reddit

    4 comments:

    Unknown on 25 November, 2010 17:00 said...

    kita memang mayoritas di dunia.. tapi kita tdk bersatu.. mementingkan kepentingan negara2 masing..makanya kita masi dibawah pengaruh negara barat.. sunguh kenyataan yg menyedihkan.. contohny sj saudara kita di palestin..kita negara2 islam tdk mampu berbuat byk krn adanya pengaruh yahudi (israel) di dunia barat..

    Faril on 29 November, 2010 21:27 said...

    @Andi Wongmaaf,mayoritas di dunia saat ini masih agama Katolik..bukan Islam..tapi perkembangan jumlah pemeluk Islam yang sangat cepat memungkinkan Islam jadi mayoritas..
    Bahkan,Paus suah mewanti2 agar kaumnya tidak terpengaruh Islam. Hal ini dilakukan karena banyak orang melihat bahwa Islam adalah ajaran yang sempurna..

    Feby on 20 June, 2011 02:05 said...

    Generasi muda islam memegang peran penting dalam hal ini. Kalau generasi mudanya penuh semangat dan tekad yang kuat dan di landasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. maka islam akan meraih kejayaannya.

    international pharmacy on 27 December, 2011 02:25 said...

    Visiting your Blog today. Thanks for this information. Pleased to meet you.


    Post a Comment

    Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda..! Sebab Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Demi Pengembangan Blog ini. Asalkan Jangan Spam Dan Komentar Yang Bersifat Menguji. Makasi Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Thanks for all of you

    Berlangganan via email

    Ingin Artikel Terbaru Langsung ke Email anda? Masukan Email Untuk Berlangganan:


    Delivered by FeedBurner

    Recent Comments



    Mau punya buku tamu seperti ini?
    Klik di sini (Info Blog)