Judul yang telah diungkapkan di atas dapat mengakibatkan kerancuan pemahaman terhadap konsep ummat yang ada dalam Al-Quran. Bahkan, bisa jadi, akan menimbulkan kesalahpahaman di kalangan umat Islam sendiri.
Kata ummat terambil dari kata [tulisan arab] (amma-yaummu) Yang berarti menuju, menumpu, dan meneladani. Dari akar yang sama, lahir antara lain kata um yang berarti "ibu" dan imam yang maknanya "pemimpin"; karena keduanya menjadi teladan, tumpuan pandangan, dan harapan anggota masyarakat.
Pakar-pakar bahasa berbeda pendapat tentang jumlah anggota satu umat. Ada yang merujuk ke riwayat yang dinisbahkan kepada Nabi Saw. bahwa beliau bersabda,
Tidak seorang mayat pun yang dishalatkan oleh umat
dari kaum Muslim sebanyak seratus orang, dan
memohonkan kepada Allah agar diampuni, kecuali
diampuni oleh-Nya (HR An-Nasa'i).
dari kaum Muslim sebanyak seratus orang, dan
memohonkan kepada Allah agar diampuni, kecuali
diampuni oleh-Nya (HR An-Nasa'i).
Ada juga yang mengatakan bahwa, angka empat puluh sudah bisa disebut umat. Pakar hadis An-Nasa'i yang meriwayatkan hadis serupa menyatakan bahwa Abu Al-Malih ditanyai tentang jumlah orang yang shalat itu, dan menjawab, "Empat puluh orang. Kalau kita merujuk kepada Al-Quran, agaknya penjelasan Ar-Raghib dapat dipertanggungjawabkan.
Pakar bahasa Al-Quran itu (w. 508 H/1108 M) dalam bukunya Al-Mufradat fi Gharib Al-Qur'an, menjelaskan bahwa kata ini didefinisikan sebagai semua kelompok yang dihimpun oleh sesuatu, seperti agama, waktu, atau tempat yang sama, baik penghimpunannya secara terpaksa maupun atas kehendak mereka.
Secara tegas Al-Quran dan hadis tidak membatasi pengertian umat hanya pada kelompok manusia.
Dan tidaklah binatang-binatang yang ada di bumi, dan
burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya
kecuali umat-umat juga seperti kamu (QS Al-An'am [6]: 38).
Rasulullah Saw. bersabda:
Semut (juqa) merupakan umat dan umat-umat (Tuhan) (HR.Muslim).
Seandainya anjing-anjing bukan umat dan umat-umat (Tuhan)
niscaya saya perintahkan untuk dibunuh (HR At-Tirmidzi dan An-Nasa'i).
Ikatan persamaan apa pun yang menyatukan makhluk hidup manusia atau binatang, seperti jenis, suku, bangsa, ideologi, atau agama, dan sebagainya, maka ikatan itu telah menjadikan mereka satu umat. Bahkan Nabi Ibrahim a.s. sendirian yang menyatukan sekian banyak sifat terpuji dalam dirinya, disebut oleh Al-Quran sebagai "umat" (QS Al- Nahl [16]: 120), dari sini beliau kemudian menjadi imam, yakni pemimpin yang diteladani.
Kata umat tidak hanya digunakan untuk manusia-manusia yang taat beragama, karena dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa Rasul Saw. bersabda,
"Semua umatku masuk surga, kecuali yang enggan."
Beliau ditanyai, "Siapa yang enggan itu?" Dijawabnya,
"Siapa yang taat kepadaku dia akan masuk surga, dan
yang durhaka maka ia telah enggan" (HR Bukhari melalui Abu Hurairah).
Beliau ditanyai, "Siapa yang enggan itu?" Dijawabnya,
"Siapa yang taat kepadaku dia akan masuk surga, dan
yang durhaka maka ia telah enggan" (HR Bukhari melalui Abu Hurairah).
Al-Quran surat Al-Ra'd ayat 30 menggunakan kata ummat untuk menunjuk orang-orang yang enggan menjadi pengikut para Nabi. Begitu kesimpulan Ad-Damighani (abad ke-ll H) dalam Kamus Al-Quran yang disusunnya.
Kata ummat dalam bentuk tunggal terulang lima puluh dua kali dalam Al-Quran. Ad-Damighani menyebutkan sembilan arti untuk kata itu, yaitu, kelompok, agama (tauhid), waktu yang panjang, kaum, pemimpin, generasi lalu, umat Islam, orang-orang kafir, dan manusia seluruhnya.
Kata ummat dalam bentuk tunggal terulang lima puluh dua kali dalam Al-Quran. Ad-Damighani menyebutkan sembilan arti untuk kata itu, yaitu, kelompok, agama (tauhid), waktu yang panjang, kaum, pemimpin, generasi lalu, umat Islam, orang-orang kafir, dan manusia seluruhnya.
Benang merah yang menggabungkan makna-makna di atas adalah "himpunan".
Sungguh indah, luwes, dan lentur kata ini, sehingga dapat mencakup aneka makna, dan dengan demikian dapat menampung dalam kebersamaannya aneka perbedaan.
Al-Quran memilih kata ini untuk menunjukkan antara lain "himpunan pengikut Nabi Muhammad Saw. (umat Islam)", sebagai isyarat bahwa ummat dapat menampung perbedaan kelompok-kelompok, betapapun kecil jumlah mereka, selama masih pada arah yang sama, yaitu Allah Swt.
Sesungguhnya umatmu ini (agama tauhid) adalah umat (agama) yang satu,
dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku (QS Al-Anbiya' [21]: 92).
Dalam kata "umat" terselip makna-makna yang cukup dalam. Umat mengandung arti gerak dinamis, arah, waktu, jalan yang jelas, serta gaya dan cara hidup. Untuk menuju pada satu arah, harus jelas jalannya, serta harus bergerak maju dengan gaya dan cara tertentu, dan pada saat yang sama membutuhkan waktu untuk mencapainya. Al-Quran surat Yusuf (12): 45 menggunakan kata umat untuk arti waktu. Sedangkan surat Al-Zukhruf (43): 22 untuk arti jalan, atau gaya dan cara hidup,
Ali Syariati dalam bukunya Al-Ummah wa Al-Imamah menyebutkan keistimewaan kata ini dibandingkan kata semacam nation atau qabilah (suku). Pakar ini mendefinisikan kata umat dalam konteks sosiologis sebagai "himpunan manusiawi yang seluruh anggotanya bersama-sama menuju satu arah, bahu membahu, dan bergerak secara dinamis di bawah kepemimpinan bersama."
Ali Syariati dalam bukunya Al-Ummah wa Al-Imamah menyebutkan keistimewaan kata ini dibandingkan kata semacam nation atau qabilah (suku). Pakar ini mendefinisikan kata umat dalam konteks sosiologis sebagai "himpunan manusiawi yang seluruh anggotanya bersama-sama menuju satu arah, bahu membahu, dan bergerak secara dinamis di bawah kepemimpinan bersama."
Umat Islam disebut oleh Al-Quran surat Al-Baqarah {2): 143 sebagai ummat(an) wasatha.
Demikianlah itu Kami menjadikan kamu ummatan wasatha
agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia, dan
agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.
agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia, dan
agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.
Mulanya, kata wasath berarti segala yang baik sesuai dengan obyeknya. Sesuatu yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem. Keberanian adalah pertengahan sifat ceroboh dan takut. Kedermawanan merupakan pertengahan antara sikap boros dan kikir. Kesucian merupakan pertengahan antara kedurhakaan karena dorongan nafsu yang menggebu dan impotensi. Dari sini, kata wasath berkembang maknanya menjad tengah.
Yang menghadapi dua pihak berseteru dituntut untuk menjadi wasath (wasit) dan berada pada posisi tengah agar berlaku adil. Dari sini, lahirlah makna ketiga wasath, yaitu adil.
Ummatan wasatha adalah umat moderat, yang posisinya berada di tengah, agar dilihat oleh semua pihak, dan dari segenap penjuru.
Mereka dijadikan demikian menurut lanjutan ayat di atas agar mereka menjadi syuhada (saksi), sekaligus menjadi teladan dan patron bagi yang lain, dan pada saat yang sama mereka menjadikan Nabi Muhammad Saw. sebagai patron teladan dan saksi pembenaran bagi semua aktivitasnya.
Keberadaan umat Islam dalam posisi tengah menyebabkan mereka tidak seperti umat yang hanyut oleh materialisme, tidak pula mengantarnya membumbung tinggi ke alam ruhani, sehingga tidak lagi berpijak di bumi. Posisi tengah menjadikan mereka mampu memadukan aspek ruhani dan jasmani, material, dan spiritual dalam segala sikap dan aktivitas.
Wasathiyat (moderasi atau posisi tengah) mengundang umat Islam untuk berinteraksi, berdialog, dan terbuka dengan semua pihak (agama, budaya, dan peradaban), karena mereka tidak dapat menjadi saksi maupun berlaku adil jika mereka tertutup atau menutup diri dari lingkungan dan perkembangan global.
Yang menghadapi dua pihak berseteru dituntut untuk menjadi wasath (wasit) dan berada pada posisi tengah agar berlaku adil. Dari sini, lahirlah makna ketiga wasath, yaitu adil.
Ummatan wasatha adalah umat moderat, yang posisinya berada di tengah, agar dilihat oleh semua pihak, dan dari segenap penjuru.
Mereka dijadikan demikian menurut lanjutan ayat di atas agar mereka menjadi syuhada (saksi), sekaligus menjadi teladan dan patron bagi yang lain, dan pada saat yang sama mereka menjadikan Nabi Muhammad Saw. sebagai patron teladan dan saksi pembenaran bagi semua aktivitasnya.
Keberadaan umat Islam dalam posisi tengah menyebabkan mereka tidak seperti umat yang hanyut oleh materialisme, tidak pula mengantarnya membumbung tinggi ke alam ruhani, sehingga tidak lagi berpijak di bumi. Posisi tengah menjadikan mereka mampu memadukan aspek ruhani dan jasmani, material, dan spiritual dalam segala sikap dan aktivitas.
Wasathiyat (moderasi atau posisi tengah) mengundang umat Islam untuk berinteraksi, berdialog, dan terbuka dengan semua pihak (agama, budaya, dan peradaban), karena mereka tidak dapat menjadi saksi maupun berlaku adil jika mereka tertutup atau menutup diri dari lingkungan dan perkembangan global.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Jika Ingin Artikel Terbaru Langsung Di Kirim Ke Email Anda? Masukan Email Anda Untuk Berlangganan (GRATIS). Klik Tombol Suka Jika Menyukai artikel ini.
46 comments:
tenkyu for ur useful info... :-)
i like ur nice posting... :-)
i will visit ur post again... :-)
@poles marmer
thank you for leaving your footprint on this post.
wahhhh, keren euy pembahasannya...
sangat mendalam...
saya curiga nih jangan2 mas seorang pemuka agama yang terkenal nih..
hehehe...
Links of Technology
mantep nih infonya...
makasih yah udah bagi2 ke kita...
:)
tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...
Blogwalking nih mas...
permisi yaaa..
ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D
wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...
Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..
akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....
ijin main2 yah kang..
sukses selalu...
blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...
widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!
ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..
jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.
salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!
mantep nih infonya...
makasih yah udah bagi2 ke kita...
:)
tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...
keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk...
ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D
wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...
Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..
akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....
ijin main2 yah kang..
sukses selalu...
blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...
widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!
ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..
jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.
salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!
wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.
Great Post!
thanks for sharing it...
Great Post!
thanks for sharing it...
wah, mantap kali you punya tulisan..
sukses yaaa.
salam kenal dari bandung om..
:)
sukses terus!!!
jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
sukses terus yaa..
makasih.
ane setuju banget sama postingan ente gan!
mantep dahhh..
widihhh..mantep banget nih tulisannya.
keep posting sob!
blogwalking...
permisi masss....
sukses terus...
ijin main2 yah kang..
sukses selalu...
akhirnya sampe juga disini nih...
salam kenal mas.....
Nice post...
saya setuju sama tulisan diatas..
wah, tulisannya bagus nih..
makasih yah udah sharing ke kita2...
ijin buat backlink yah kang...
nuhun ahh..
:D
Blogwalking nih mas...
permisi yaaa..
keren nih postingannya...
sukses terus mas..
kunjungan balik donk...
tengkyu mas buat tulisannya...
jadi nambah2 ilmu nih...
Post a Comment
Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda..! Sebab Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Demi Pengembangan Blog ini. Asalkan Jangan Spam Dan Komentar Yang Bersifat Menguji. Makasi Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Thanks for all of you