Kakter dasar orang beriman adalah senantiasa mendengar dan taat terhadap apa pun yang menjadi ketetapan Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasul-nya. mendengan artinya mereka berusaha memahami kehendak Allah dan Rasul-nya, sedangkan ketaatan yang di maksud adalah ketaatan dalam menjalankan syariat, baik berupa perintah maupun larangan yang ditetapkan Allah dan Rasul-nya dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Jadi setelah memahami, tanpa banyak bertanya atau mempertanyakan segera mereka ikuti dengan ketundukan dan kepatuhan untuk menjalankannya.
Mengapa Kita Harus Taat ?
Untuk menjawabnya mari kita renungi kembali kejadian kita di dunia ini. Allah berfirman dalam al-Qur`an. “Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang Dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu, Kami jadikan Dia mendengar dan melihat.” (Al-Insaan [76]: 1-2)
Tidak ada satupun manusia yang sebelumnya punya keinginan untuk menjadi manusia. Bagaimana mungkin kita punya keinginan kalau pada waktu itu kita belum ada, belum menjadi sesuatu yang dapat disebut apa pun. Demikian juga Allah tidak pernah meminta pendapat atau persetujuan kita sebelum Dia menciptakan kita, sebab bagaimana mungkin bisa dimintai pendapat kalau kita sendiri belum ada. Kita hadir ke dunia mutlak karena kehendak Allah. Allah yang punya rencana untuk menghadirkan kita ke dunia. Bukan kita. Untuk apa kita diciptakan dan bagaimana seharusnya kita hidup hanya Allah yang mengetahuinya.
Agar bisa memahami kehendak Allah itu, maka dengan kasih sayang-Nya kita diberikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani supaya bisa memahami. Dan agar bisa menjalani hidup dengan baik, maka diturunkanlah al-Qur`an sebagai pedoman dan diutuslah nabi untuk menjelaskannya dan memberikan contoh pengamalannya. Manusia tidak mungkin bisa menjalani kehidupan ini dengan baik tanpa berpedoman kepada ketetapan Allah dan Rasul-Nya. Seperti orang yang berjalan di kegelapan malam, walaupun matanya terbuka tetapi kalau dia tidak melihat cahaya maka dia akan terantuk-antuk dan tidak pernah sampai ke tujuan. Seperti rambu-rambu lalu lintas, ada jalan yang harus kita ikuti dan ada jalan yang tidak boleh kita lewati. Karena itu, perintah dan larangan Allah sesungguhnya adalah koridor jalan yang akan mengantarkan kita sampai kepada tujuan.
Allah Mahatahu segalanya. Tidak ada yang tersembunyi dari pengetahuan Allah, baik yang gaib maupun yang nyata. Dia yang menciptakan kita juga tahu persis segalanya tentang kita, lahir maupun batinnya. Jasmani maupun ruhaninya.
Di sisi lain, walaupun manusia adalah makhluk paling sempurna dibandingkan makhluk ciptaan Allah yang lain, dia tetap terbatas pengetahuannya. Manusia hanya tahu sebatas yang diajarkan Allah kepadanya. Dia yang Mahatahu tentang makhluk ciptaan-Nya, juga tahu bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup. Manusia senantiasa membutuhkan bimbingan Allah. Karena itu, sebagai makhluk yang terbatas kemampuannya, di hadapan Allah yang pengetahuan-Nya tak terbatas, tidak ada sikap yang lebih baik kecuali tunduk, patuh, dan taat sepenuhnya terhadap apa pun ketetapan-Nya.
Mari kita ambil perumpamaan. Seandainya kita sakit, kemudian kita konsultasi ke dokter. Dokter mengatakan bahwa kita menderita sakit maag yang akut. Dokter menyarankan agar kita meninggalkan makanan tertentu: yang pedas atau yang masam. Juga tidak boleh terlambat makan. Kalau kita ingin sembuh tentu kita akan menuruti perintah dokter itu. Mengapa demikian? Kita menganggap dokter lebih tahu tentang penyakit kita.
Perintah dan larangan Allah adalah wujud kasih sayang-Nya kepada kita. Allah memberi kita perintah karena Allah tahu betul bahwa apa yang diperintahkan-Nya itu bermanfaat bagi manusia. Allah memerintahkan kita shalat, puasa, menolong orang lain, berbuat jujur, menjaga kebersihan jasmani dan ruhani, dan perintah-perintah yang lain karena semua itu dibutuhkan manusia. Semua yang diperintahkan adalah membawa kebaikan, keselamatan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Demikian juga larangan-Nya, semata-mata untuk mencegah kita dari kehancuran. Allah melarang kita mendekati zina, berjudi, minum khamr, melakukan korupsi, dan larangan-larangan yang lain karena semua itu akan membawa kehancuran bagi kehidupan manusia.
Allah berfirman dalam al-Qur`an surat Al-A’raf [7]: 33,”Katakanlah (Muhammad):”Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan alasan untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.”
Oleh karena itu, adanya perintah dan larangan itu harus kita sambut dengan penuh kesyukuran karena dengan itu kita bisa mendapatkan apa yang bermanfaat dan terhindar dari apa yang membahayakan.
Syariat Allah Ta’ala juga merupakan wujud keadilan-Nya. Ketika Allah menurunkan perintah dan larangan, sesungguhnya Dia tidak punya kepentingan apa pun selain untuk mewujudkan kasih sayang dan keadilan bagi kehidupan manusia. Seandainya semua manusia taat, sesungguhnya ketaatan itu tidak ada manfaatnya sama sekali bagi Allah. Sebaliknya, jika semua manusia ingkar, sama sekali Allah tidak dirugikan. Teramat mudah bagi Allah untuk membinasakan semua manusia yang ingkar dan menggantikannya dengan makhluk baru yang semuanya tunduk kepada-Nya.
Hal itu berbeda dengan ketetapan yang dibuat oleh manusia. Manusia adalah makhluk yang memiliki syahwat dan keinginan, sehingga ketetapan manusia akan mudah dipengaruhi keinginan syahwatnya sendiri. Manusia senantiasa dipengaruhi oleh kepentingan dirinya, keluarganya, maupun golongannya. Hanya manusia-manusia yang taat kepada Allah sajalah yang bisa mewujudkan keadilan di muka bumi. Meninggalkan syariat Allah akan menyebabkan terjadinya kezaliman di muka bumi. Wallahu a’lam bish shawab.
Tidak ada satupun manusia yang sebelumnya punya keinginan untuk menjadi manusia. Bagaimana mungkin kita punya keinginan kalau pada waktu itu kita belum ada, belum menjadi sesuatu yang dapat disebut apa pun. Demikian juga Allah tidak pernah meminta pendapat atau persetujuan kita sebelum Dia menciptakan kita, sebab bagaimana mungkin bisa dimintai pendapat kalau kita sendiri belum ada. Kita hadir ke dunia mutlak karena kehendak Allah. Allah yang punya rencana untuk menghadirkan kita ke dunia. Bukan kita. Untuk apa kita diciptakan dan bagaimana seharusnya kita hidup hanya Allah yang mengetahuinya.
Agar bisa memahami kehendak Allah itu, maka dengan kasih sayang-Nya kita diberikan pendengaran, penglihatan, dan hati nurani supaya bisa memahami. Dan agar bisa menjalani hidup dengan baik, maka diturunkanlah al-Qur`an sebagai pedoman dan diutuslah nabi untuk menjelaskannya dan memberikan contoh pengamalannya. Manusia tidak mungkin bisa menjalani kehidupan ini dengan baik tanpa berpedoman kepada ketetapan Allah dan Rasul-Nya. Seperti orang yang berjalan di kegelapan malam, walaupun matanya terbuka tetapi kalau dia tidak melihat cahaya maka dia akan terantuk-antuk dan tidak pernah sampai ke tujuan. Seperti rambu-rambu lalu lintas, ada jalan yang harus kita ikuti dan ada jalan yang tidak boleh kita lewati. Karena itu, perintah dan larangan Allah sesungguhnya adalah koridor jalan yang akan mengantarkan kita sampai kepada tujuan.
Allah Mahatahu segalanya. Tidak ada yang tersembunyi dari pengetahuan Allah, baik yang gaib maupun yang nyata. Dia yang menciptakan kita juga tahu persis segalanya tentang kita, lahir maupun batinnya. Jasmani maupun ruhaninya.
Di sisi lain, walaupun manusia adalah makhluk paling sempurna dibandingkan makhluk ciptaan Allah yang lain, dia tetap terbatas pengetahuannya. Manusia hanya tahu sebatas yang diajarkan Allah kepadanya. Dia yang Mahatahu tentang makhluk ciptaan-Nya, juga tahu bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup. Manusia senantiasa membutuhkan bimbingan Allah. Karena itu, sebagai makhluk yang terbatas kemampuannya, di hadapan Allah yang pengetahuan-Nya tak terbatas, tidak ada sikap yang lebih baik kecuali tunduk, patuh, dan taat sepenuhnya terhadap apa pun ketetapan-Nya.
Mari kita ambil perumpamaan. Seandainya kita sakit, kemudian kita konsultasi ke dokter. Dokter mengatakan bahwa kita menderita sakit maag yang akut. Dokter menyarankan agar kita meninggalkan makanan tertentu: yang pedas atau yang masam. Juga tidak boleh terlambat makan. Kalau kita ingin sembuh tentu kita akan menuruti perintah dokter itu. Mengapa demikian? Kita menganggap dokter lebih tahu tentang penyakit kita.
Perintah dan larangan Allah adalah wujud kasih sayang-Nya kepada kita. Allah memberi kita perintah karena Allah tahu betul bahwa apa yang diperintahkan-Nya itu bermanfaat bagi manusia. Allah memerintahkan kita shalat, puasa, menolong orang lain, berbuat jujur, menjaga kebersihan jasmani dan ruhani, dan perintah-perintah yang lain karena semua itu dibutuhkan manusia. Semua yang diperintahkan adalah membawa kebaikan, keselamatan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Demikian juga larangan-Nya, semata-mata untuk mencegah kita dari kehancuran. Allah melarang kita mendekati zina, berjudi, minum khamr, melakukan korupsi, dan larangan-larangan yang lain karena semua itu akan membawa kehancuran bagi kehidupan manusia.
Allah berfirman dalam al-Qur`an surat Al-A’raf [7]: 33,”Katakanlah (Muhammad):”Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan alasan untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.”
Oleh karena itu, adanya perintah dan larangan itu harus kita sambut dengan penuh kesyukuran karena dengan itu kita bisa mendapatkan apa yang bermanfaat dan terhindar dari apa yang membahayakan.
Syariat Allah Ta’ala juga merupakan wujud keadilan-Nya. Ketika Allah menurunkan perintah dan larangan, sesungguhnya Dia tidak punya kepentingan apa pun selain untuk mewujudkan kasih sayang dan keadilan bagi kehidupan manusia. Seandainya semua manusia taat, sesungguhnya ketaatan itu tidak ada manfaatnya sama sekali bagi Allah. Sebaliknya, jika semua manusia ingkar, sama sekali Allah tidak dirugikan. Teramat mudah bagi Allah untuk membinasakan semua manusia yang ingkar dan menggantikannya dengan makhluk baru yang semuanya tunduk kepada-Nya.
Hal itu berbeda dengan ketetapan yang dibuat oleh manusia. Manusia adalah makhluk yang memiliki syahwat dan keinginan, sehingga ketetapan manusia akan mudah dipengaruhi keinginan syahwatnya sendiri. Manusia senantiasa dipengaruhi oleh kepentingan dirinya, keluarganya, maupun golongannya. Hanya manusia-manusia yang taat kepada Allah sajalah yang bisa mewujudkan keadilan di muka bumi. Meninggalkan syariat Allah akan menyebabkan terjadinya kezaliman di muka bumi. Wallahu a’lam bish shawab.
Sumber:
SUARA HIDAYATULLAH *Shohibul Anwar, Ketua Departemen Dakwah PP Hidayatullah,
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Jika Ingin Artikel Terbaru Langsung Di Kirim Ke Email Anda? Masukan Email Anda Untuk Berlangganan (GRATIS). Klik Tombol Suka Jika Menyukai artikel ini.
1 comments:
Just try to smile for about 2-3 mins then you can get back to work
Post a Comment
Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda..! Sebab Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Demi Pengembangan Blog ini. Asalkan Jangan Spam Dan Komentar Yang Bersifat Menguji. Makasi Atas Kunjungan Anda Di Blog Ini. Thanks for all of you